Jenis-jenis Audio Pada Komunikasi Audio

Pengertian Audio

Audio pada sistem komunikasi bercirikan sinyal elektrik yang digunakan untuk membawa unsur bunyi. Komunikasi Audio sendiri adalah Proses penyampaian pesan atau informasi menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.

Teknologi Audio berperan sangat penting pada teknologi komunikasi karena akan menguatkan dari effek visual atau informasi yang akan disampaikan.


Jenis-jenis Perangkat Audio

Ada tiga jenis perangkat audio yang paling umu digunakan, yaitu Audio CODEC, Audio Controller, Mikrofon dan Speaker.
  • Audio CODEC yaitu perangkat yang mampu melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwitch.
  • Audio Controller adalah perangkat yang memungkinkan untuk melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikrofon seperti suara mencuit, echo, dan lain-lain
  • Mikrofon dan Speaker adalah perangkat Input/output dalam sistem Audio
Baca Juga: Macam-macam Audio Pada Komunikasi Audio

Jenis-jenis Format File Audio

Selain Perangkat Audio terdapat beberapa jenis format file audio yang paling sering digunakan seperti mp3, AIFF, ogg, wav, AAC , WMA dan Real Audio

1. MP3 atau MPEG 1/2 Audio Layer 3
Mp3 adalah format audio yang paling populer pada saat ini. Format ini menggunakan algoritma audio lossy compression yang dapat mengurangi ukuran file. Mp3 dikembangkan di Jerman fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG.

2. AIFF dan AIFC (Audio Interchange File Format)
AIFF adalah format file yang tidak dikompres yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan Platform Unix

3. Ogg dan Ogg Vorbis
Ogg adalah format multimedia gratis yang dirancang untuk streaming dan penyimpanan yang sangat efisien. Ogg dikembangkan oleh Xiph.org Foundation. Begitu juga Ogg Vorbis yang berupakan codec audio gratis

Baca Juga: Kelebihan dan kelemahan Komunikasi Audio pada Komunikasi Data

4. WAV
WAV adalah standart audio yang dikembangkan oleh microsoft dan IBM. WAV adalah format utama untuk menyimpan data audio pada windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF untuk menyimpan data. WAV menggunakan teknik pulse-code modulation(PCM)yang tidak dikompres.

5. AAC atau Advance Audio Codec
AAC adalah sistem lossy compression untuk file audio yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group untuk menggantikan MP3 yang mempunyai kelebihan yaitu kompresi lebih effisien dan kualitas suara audio yang lebih baik dan mendukung audiomultichannel.

6. WMA (Windows Media Audio)
WMA adalah codec untuk lossy compression yang dikembangkan oleh microsoft untuk menyaingi mp3. Akan tetapi sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau perangakat tertentu

7. Real Audio
real Audio adalah codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya hanya digunakan untuk transmisi bandwitch yang rendah. Real Audio banyak digunakan oleh station radio untuk streaming program-program via internet secara realtime.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel