Algorithm ? Algoritma Ternyata, Kirain Logaritma

Algoritma ?? ya, itulah kata asing yang Saya dengar ketika masuk di jurusan ini. Awalnya Saya menganggap algoritma salah satu materi dalam matematika yang kemudian lebih di perdalam ketika belajar di kelas.

Namun, ternyata malah bertolak belakang dengan apa yang Saya pikirkan,  ternyata algoritma adalah suatu matkul yang berhubungan erat dengan pemrograman.

Maklum saja, Saya menganggap algoritma sebagai salah satu materi dalam matematika karena latarbelakang Saya adalah pelajar SMA, berbanding terbalik dengan rekan-rekan Saya, yang sudah biasa mendengar kata algoritma karena latarbelakang mereka  SMK yang rata-rata jurusannya berhubungan dengan pemrograman.
sumber : th3magic.wordpress.com
Dari sana Sayapun merasa salah masuk jurusan, kenapa dulu Saya malah memilih jurusan informatika, padahal Saya tak punya sedikitpun latarbelakang tentang keinformatikaan. 

Saya merasa minder bila melihat teman-teman SMK Saya sudah bisa membuat coding program sederhana, bahkan ada yang sudah mampu membuat program dengan coding yang sangat kompleks serta menjual program tersebut ke perusahaan-perusahaan besar. 

Tapi disisi lain juga Saya merasa semangat ketika melihat kakak senior Saya yang latarbelakangnya SMA tapi malah menjadi asisten lab di kampus. Ternyata kemahiran algoritma tidak ditentukan dari latarbelakang seseorang, yang menentukan hanyalah seberapa besar perjuangan kita dalam memahami mata kuliah tersebut.

Meskipun pada awalnya Saya harus memahami beberapa kata yang tidak familiar dengan telinga Saya seperti integer, float, mod, include, c++, dan beberapa jenis kata lain yang berhubungan dengan pemrograman.

Pada akhirnya Saya dapat memahami matkul tersebut walaupun ketika mengcompilasi coding yang Saya buat, Saya sering mendapatkan notifikasi error, not statement mising, syntax error dan kata lain yang berhubungan dengan tidak berjalanya program tersebut.

Pernah pada waktu  itu Saya mengerjakan program dari pagi sampai malam, namun tidak ada hasil yang didapatkan karena sangat susahnya menerjemaahkan dari bahasa manusia ke bahasa komputer.

Ternyata informatika tidak semudah yang Saya pikirkan malah sesusah yang tidak Saya pikirkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel