Jenis Sistem Operasi jaringan berdasarkan layanan (Interface)

Sistem operasi jaringan memang memiliki peranan vital pada sebuah jaringan, dimana sistem operasi jaringan sebagai pengontrol dan melakukan administrasi terhadap jaringan komputer. Dengan ada sistem operasi jaringan semua komputer client akan mendapatkan fasilitas dan layanan yang diberikan oleh server.

Sistem operasi jaringan memiliki perkembangan yang sangat pesat, banyak pula komunitas-komunitas yang mengembangkan sistem operasi tersebut sehingga sistem operasi jaringan menjadi sangat baik baik dari segi layanan maupun keamanan. Sistem operasi jaringan memiliki memiliki beberapa jenis berdasarkan layanan dan interfacenya. Berikut adalah jenis-jenis sistem operasi jaringan berdasarkan layanan dan interfacenya


Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan Berdasarkan Interfacenya

a. Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI (Grafical User Interface)
Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI (Grafical User Interface) merupakan Sistem operasi komputer yang dalam proses Instalasi dan adminitrasinya, user tidak perlu menghafal sintax – sintax atau perintah DOS atau bahasa pemograman yang digunakannya. karena siste operasi tersebut sudah berbasis grafis sehingga memudahkan dalam penggunaanya. Kebanyakan jenis sistem operasi ini adalah sistem oprasi dari keluarga microsoft yang memang mengedepankan tampilan grafis yang mudah dipahami sebagai adalanya. Berikut beberapa contoh Sistem Operasi jaringan berbasis GUI: Linux Redhat, Windows NT 3.51, Windows 2000 (NT 5.0), Windows Server 2003, Windows XP, Microsoft MS-NET, Microsoft LAN Manager, Novell NetWare.

Baca Juga: Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

b. Sistem Operasi Jaringan Berbasis Text/CLI (Command Line Interface)
Sistem Operasi Jaringan Berbasis Text (Command Line Interface) merupakan sistem operasi yang proses instalasi dan penggunaanya, user diharapkan untuk menghafal perintah DOS atau perintah dasar linux yang digunakan untuk menjalankan suatu proses instalasi. Setiap akan melakukan instalasi paket maka kita akan mengetikan perintah untuk bisa menginstall paket tersebut. Berikut adalah contoh Sistem Operasi Jaringan berbasis text: Linux Debian, Linux Suse, Sun Solaris, Linux Mandrake, Knoppix, MacOS. UNIX, Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Utama Sistem Operasi Jaringan

Demikian ulasan kami tentang Jenis-jenis sistem operasi jaringan berdasarkan layanan (interface) dimana dapat disimpulkan bahwa ada 2 jenis sistem operasi yang Sitem operasi berbasis GUI dan sistem operasi berbasis CLI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel