Apa itu AI ? Mengenal Singkat Tentang Kecerdasan Buatan

Apa itu AI ? Mengenal Singkat Tentang Kecerdasan Buatan

Information Technolgy(IT) atau di Indonesia lebih dikenal dengan Teknologi Informasi merupakan suatu istilah untuk mendeskripsikan teknologi-teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan beberapa perkerjaan sehari-hari.

Semakin hari teknologi semakin berkembang, tidak heran jika sekarang semakin banyak perusahaan besar yang sukses dengan mengandalkan teknologi. Teknologi merupakan solusi terbaik saat ini untuk menangani kendala-kendala operasional dalam suatu bisnis.

Berbicara tentang teknologi, tentunya tidak lepas dari programming yang merupakan akar terciptanya teknologi tersebut. Di Indonesia sendiri, sudah banyak bahasa pemrograman yang selalu digunakan dalam suatu sistem, seperti Java, PHP, Oracle dan lain lain. 

Sistem yang dibuat pada umumnya tidak lepas dari tiga tahap inti yang wajib ada dalam suatu sistem, yaitu tahap input (masukan), process (proses), dan output(keluaran). 

Input

Input atau masukan biasanya berupa suatu data yang akan diolah dalam suatu sistem. Pada tahap ini Programmer sudah merancang source data yang diperlukan oleh sistem tersebut sesuai dengan proses bisnis yang ada.

Proses

Process/proses adalah tahap pengolahan data pada suatu sistem berdasarkan data-data input yang sudah disiapkan. Pada tahap pengolahan data ini, diperlukan suatu algoritma yang dapat memproses data tersebut agar menghasilkan suatu keluaran yang diperlukan.

Output

Output adalah hasil akhir dari suatu sistem setelah dilakukan proses pengolahan data input. Output inilah yang nantinya diperlukan oleh user yang menggunakan sistem tersebut.

Ketiga tahap inti tersebutlah yang biasanya diperlukan dalam suatu pembangunan sistem. Tahap yang paling penting berada pada tahap process. Tahap ini dapat dikatakan sebagai jantung dari sistem yang dibangun. 

Oleh karena itu pada tahap process ini akan lebih baik jika diterapkan suatu teknologi lain yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Salahsatunya kita dapat menerapkan Artificial Intelligence(AI) atau yang biasa dikenal dengan kecerdasan buatan. 

Dengan bantuan kecerdasan buatan kita dapat menghasilkan suatu output yang lebih baik dari suatu sistem.

Diagram proses pada development sistem yang menerapakan AI, secara sederhana diilustrasikan pada gambar dibawah.

Apa itu AI ? Mengenal Singkat Tentang Kecerdasan Buatan

Adapun beberapa teknologi AI yang dapat diterapkan dalam sebuah sistem diantaranya adalah sebagai berikut.

Algoritma Genetika(Algen)

Algen adalah suatu algoritma yang meniru sistem kromosom pada genetika manusia. Digunakan untuk mencari solusi terbaik dari kriteria yang ditentukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Tantangan pada algoritma ini adalah mencari fitness function yang menjadi dasar bagi algoritma tersebut dalam menghasilkan solusi terbaik. 

Algoritma yang satu ini dapat diimplementasikan dalam suatu penjadwalan contohnya penjadwalan shift karyawan, dapat juga berupa optimalisasi contohnya pencarian rute busway tercepat dan lain lain.

Sistem Pakar

Sistem pakar adalah suatu sistem yang dapat memecahkan solusi kompleks berdasarkan pembelajaran, pengujian dan pengalaman dari data yang menjadi masukan pada sistem tersebut. Sistem pakar mampu menjawab pertanyaan yang tepat dan spesifik berdasarkan data hasil pembelajaran. 

Sistem ini dapat diimplementasikan sebagai media konsultasi di perusahaan perusahaan bersar untuk menganalisa data yang ada.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menentukan keputusan yang tepat terhadap kriteria-kriteria yang sudah direncanakan. Sistem ini dapat diimplementasikan sebagai sistem yang dapat membantu management dalam suatu perusahaan ketika membuat sebuah keputusan.

Pengenalan Pola

Pengenalan pola biasanya digunakan untuk mengenali ciri atau pola tertentu dalam suatu object atau suatu flow yang mana pola tersebut akan di pelajari secara otomatis oleh sistem, sehingga pada akhirnya sistem akan mengenali pola tersebut dan menampilkan hasil terbaik atas pembelajaran yang telah dilakukan.

Salah satu contoh pengenalan pola diantaranya adalah, pengenalan pola gambar, pola suara, pola sinyal dan lain-lain. 


Sekian artikel mengenai Kecerdasan Buatan, semoga bermanfaat. 

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel