Pengertian dan Fungsi Cache Pada Komputer | Updater

Cache atau bisa disebut juga dengan tembolok mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang, akan tetapi bagi orang-orang yang mempelajari ilmu komputer pasti akan sangat sering mendengar istilah ini.

Pengertian Cache pada Komputer

Cache merupakan sebuah mekanisme penyimpanan data yang mempunyai kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data ataupun perintah/intruksi yang sering diicari oleh pengguna komputer atau pengguna smartphone.

Biasanya cache akan lebih sering kita temui pada browser yang digunakan untuk mengakses internet. Kita akan melihat seperti perintah atau intruksi yang pernah kita masukan ke dalam computer sehingga ketika kita mengetikan sesuatu maka akan muncul opsi atau pilihan kata atau kalimat yang pernah kita gunakan sebelumnya.

Ataupun Cache bisa juga menyimpan beberapa file yang pernah kita akses sebelumnya sehingga ketika kita atau orang lain dalam satu jaringan yang akan mengakses file atau data yang sama maka cache akan menampilkan file tersebut.

pengertian dan fungsi cache

Selain itu cache juga bisa diartikan sebuah data yang tersimpan sementara pada penyimpanan internal perangkat komputer atau perangkat smartphone anda.

Cache sendiri akan menyimpan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna terhadap pemakaian komputer atau smartphone sehingga ketika kita akan mengakses ulang data yang sudah pernah di akses maka cache akan menampilkan secara cepat data tersebut.

Cache memiliki ukuran yang kecil sehingga dengan adanya cache akan membantu mempercepat proses kinerja komputer untuk membuka aplikasi atau halaman website dengan lebih cepat.

Bagi seorang administrator jaringan maka pengaturan atau konfigurasi cache pada perangkat router ataupun server akan sangat bermanfaat karena akan menghemat penggunaan bandwith juga akan mempercepat akses data.

Fungsi Cache pada Komputer

Pada dasarnya fungsi Cache adalah untuk membantu mempercepat perangkat komputer atau smarphone untuk mengakses data sehingga akan meringankan kinerja processor.

Selain itu adapun fungsi lain dari cache adalah sebagai berikut:

  • Dengan Cache memungkinkan pengguna dapat mempercepat akses data pada komputer.
  • Cache juga dapat dijadikan jembatan perbedaan kecepatan antara memori utama dengan dengan CPU.
  • Dengan Cache akan membuat kinerja memory menjadi lebih cepat.
  • Cache juga dapat meningkatkan kinerja prosesor karena peran dari cache akan sangat membantu proses terhadap akses data pada komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel