Fungsi dan Cara Kerja Bandwidth dalam Jaringan | Updater

Apa itu bandwidth? Jika kita seorang yang baru mengenal IT pasti akan sangat asing dengan istilah ini, kadang orang juga menanyakan kenapa internetnya bisa lambat atau mungkin koneksi internet disana lebih cepat, dan lain sebagainya. jawabanya adalah karena banwidth.

Pengertian Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

Bandwidth merupakan perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps) yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Maka bisa diartikan pula semakin besar bandwidth dalam jaringan tersebut maka bisa dipastikan akses internet akan lebih cepat.


fungsi dan cara kerja bandwidth

Fungsi Bandwidth Dalam Jaringan

Ada banyak fungsi dari bandwidth dalam jaringan komputer selain hanya sebagai perhitungan konsumsi transfer data. berikut adalah beberapa fungsi dari Bandwidth dalam jaringan:

1. Bandwidth Sebagai media Pengiriman Paket Data

Saat kita menggunakan kabel LAN atau jaringan nirkabel bandwidth akan bekerja sebagai jalur penghubung yang menghubungkan proses transfer data.

2. Bandwidth Sebagai Pembatas Kecepatan Transfer

Administrator jaringan menggunakan bandwitdh untuk membatasi kecepatan tarnsfer data sehingga dapat menghindari tindak pencurian.

3. Bandwidth Sebagai Pembatas Kecepatan Pengiriman Data

Selain sebagai pembatas kecepatan transfer bandwdth juga bisa digunakan untuk membatasi kecepatan pengiriman paket data sehingga jika kita hanya dibatasi 2 GB maka ketika kita akan mengirimkan paket data yang melebihi batas yang ditentukan maka pengiriman paket tidak bisa dilanjutkan

Cara Kerja Bandwidth Dalam Jaringan

Bandwidth merupakan bagian yang paling penting dalam pengiriman paket data dalam jaringan, karena semua aktifitas pengiriman baik transfer maupu pengiriman data dapat bekerja karena ada komponen ini.

Untuk mengetahui cara kerja dari bandwidth maka cara kerja dari bandwidth adalah sebagaimana fungis dari bandwidth sehingga jika bandwidth sebagai pembatas pengiriman paket data maka bandwidth akan membatasi kapasitas maksimal pengiriman paket data dalam jaringan.

Kapasitas bandwidth jaringan komunikasi dapat mempengaruhi kinerja jaringan tersebut, apakah cepat atau lambat. Namun, tentu saja masih ada faktor lain yang mempengaruhinya, misalnya latency, packet loss, dan lain-lain.

Ketika kita terhubung dengan suatu jaringan, umumnya ada batasan volume akses yang ditetapkan. Semakin besar bandwidth yang ditetapkan maka jumlah kapasitas data yang dapat ditransfer pun akan semakin besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel